Tidur Tak Nyenyak ? Inilah Tips agar Tidur Anda Lebih Baik

Tidur Tak Nyenyak ? Inilah Tips agar Tidur Anda Lebih Baik

Ada kah di antara kalian yang merasa kurang segar setelah bangun tidur? Tenang, Anda tidak sendirian. Mendapatkan kualitas tidur yang terbaik dimulai dari memulai kebiasaan yang baik sebelum tidur. Untuk itu, Alciabiades L. Rodriguez, MD, ahli neurologi dan medical director di Langone’s Comprehensive Epilepsy Center – Sleep Center di New York University, New York, Amerika Serikat akan memberikan lima aturan untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

1. Ikuti jadwal rutin harian Anda

Jika Anda memiliki jadwal teratur dalam bekerja, kenapa tidak untuk waktu tidur Anda? “Anda bekerja dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore, Anda bisa lakukan hal yang sama dengan jadwal tidur Anda dengan menandakan jam berapa Anda ingin tidur, bahkan saat akhir pekan,” ujar Dr. Rodriguez. Perhatian: Hal ini juga berlaku untuk hari Sabtu dan Minggu. Dengan melakukan hal ini secara konsisten selama satu minggu penuh, Anda akan merasa lebih baik pada Senin pagi.

2. Matikan lampu

Cahaya adalah penanda untuk tubuh Anda agar siap bekerja, sementara gelap adalah penanda agar tubuh Anda berisitrahat. Maka dari itu, penting untuk memastikan ruangan Anda gelap saat tidur. Penting juga untuk mematikan semua sumber cahaya di malam hari – termasuk smartphone Anda. Singkirkan smartphone paling tidak satu jam sebelum Anda mulai tidur agar tidur Anda lebih nyenyak.

3. Buat nyaman diri Anda

Kami berbicara mengenai kasur dan bantal. Rasanya lebih mudah memakai bantal yang murah sekali pun yang penting kepala Anda ada sandarannya. Namun kasur dan bantal yang berkualitas akan memberikan perbedaan yang cukup signifikan saat tidur. Cari bantal dan kasur yang sekiranya memiliki kelembutan dan tingkat kekakuan yang pas untuk kepala dan tubuh Anda. Jangan terlalu lembut dan jangan juga terlalu keras.

4. Hindari makan dan olahraga sesaat sebelum tidur

Hal ini rasanya lebih sulit untuk dilakukan. Jika memang Anda harus melakukannya, paling tidak sisihkan waktu selama dua jam sebelum tidur untuk mengisi perut atau berolahraga. Meskipun Anda tidak dianjurkan berolahraga sesaat sebelum tidur, jangan juga tidak olahraga sama sekali. Menurut The National Sleep Survey di tahun 2013 mereka yang berolahraga rutin merasa tidurnya lebih baik daripada mereka yang tidak berolahraga.

5. Tidur tanpa busana

Ehm, ini bukan dari Dr. Rodriguez, tapi bisa Anda coba. Tentunya ini sebuah pilihan – jika Anda mau dan merasa tidak aneh. Jika Anda tidur tanpa menggunakan sehelai busana, Anda akan merasa beberapa manfaat, seperti suhu tubuh yang lebih sejuk. Ditambah, Anda akan tidur lebih cepat dan dapat mencapai tahapan tidur yang lebih dalam yang tidak akan Anda dapatkan jika Anda memakai baju.

 

WhatsApp chat Tanya Stok