Inilah 10 Tips Kesehatan Untuk Pria Yang Wajib Diketahui

Secara garis besar, pencegahan kesehatan tidak memandang pria dan wanita. Namun pada pria, sejumlah penyakit kronis dapat dialami karena gaya hidup ataupun gen.

Menurut Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) dan lembaga-lembaga terkemuka lainnya, penyakit seperti penyakit jantung, kanker, penyakit pernapasan kronis yang lebih rendah, stroke, diabetes tipe 2 dan bunuh diri adalah penyebab utama kematian di kalangan pria.

Meski begitu, menurut terapi nutrisi holistik, Syeda Kiran Zahra Hussain ada beberapa tips yang bisa dilakukan pria untuk mencegah penyakit, seperti dikuti Times of India, Selasa (3/11/2015):

1. Makan sehat

Makanan bergizi akan mengurangi risiko penyakit tertentu. Sertakan sayuran, buah-buahan dan produk susu rendah lemak pada setiap menu Anda.

2. Menjaga berat badan yang sehat

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes. Jadi cari tahu lingkar perut apakah lebih dari 90 cm dan pastikan indeks massa tubuh (BMI) Anda tidak melebihi ukuran ideal.

3. Bergerak

Biasanya, para pria tidak kesulitan untuk melakukan aktivitas fisik. Hanya saja intensitasnya perlu dilakukan secara lebih teratur.

4. Berhenti merokok

Merokok merupakan penyebab utama kematian, seperti stroke, penyakit paru-paru dan kanker. Juga, pastikan Anda menjauhkan diri dari perokok pasif.

5. Lakukan pemeriksaan rutin

Selalu lakukan skrining untuk beberapa kondisi dan penyakit, termasuk infeksi menular seksual, diabetes, kolesterol tinggi, kanker jenis tertentu dan hipertensi.

6. Hindari minum alkohol

Alkohol identik dengan risiko kanker, tekanan darah tinggi, masalah psikologis dan kecelakaan.

7. Mengelola stres

Penting untuk melindungi fisik dan mental Anda dengan cara mengelola stres. Cari pilihan sehat untuk membantu Anda mengatasi stres.

8. Cukup tidur

Kurang tidur dapat memengaruhi suasana hati dan kesehatan Anda. Sleep apnea misalnya merupakan masalah umum yang menyebabkan pernapasan Anda berhenti seketika dan dapat membahayakan jantung. Periksakan ke dokter bila Anda memiliki gejala sulit tidur.

9. Tahu risikonya

Pelajari bagaimana gaya hidup Anda memengaruhi risiko masalah kesehatan. Misalnya, pria yang bekerja dengan bahan kimia tertentu, Anda perlu mengambil langkah-langkah protektif seperti melacak riwayat kesehatan keluarga atau konsultasikan setiap masalah yang dialami dengan dokter.

10. Cari aman

Keselamatan bisa berarti mengenakan helm, sabuk pengaman, menerapkan keselamatan di tempat kerja serta menggunakan perlindungan saat berhubungan seks, memakai tabir surya, mencuci tangan secara teratur dan merawat gigi Anda.

WhatsApp chat Tanya Stok